Dapatkan Info Terbaru

10 Cara Menghindari Phishing

Aug, 18 2023|Sekretariat IDNIC

Dalam artikel kali ini, berikut ini adalah 10 cara menghindar dari aksi Phishing

1. Selalu mengikuti informasi terkini tentang modus phishing. Hal ini penting agar kita selalu waspada dan tidak terjebak dengan aksi para scammer.

2. Berfikir sebelum membuka tautan maupun file yang dikirimkan terutama oleh orang yang tidak dikenal.

3. Install toolbar anti-phishing di browser. Sejumlah toolbar tersebut akan melakukan pengecekan cepat terhadap URL yang dikunjungi. Bila URL yang dikunjungi tersebut mengandung malware, maka toolbar akan memberikan notifikasi.

4. Verifikasi Keamanan Situs – Wajar untuk sedikit waspada dalam memberikan informasi keuangan yang sensitif secara online. Namun, selama Anda berada di situs web yang aman, Anda tidak akan mengalami masalah apa pun. Sebelum mengirimkan informasi apa pun, pastikan URL situs dimulai dengan "https" dan harus ada ikon gembok tertutup di dekat bilah alamat. Periksa juga sertifikat keamanan situs. Jika Anda mendapatkan pesan yang menyatakan bahwa situs web tertentu mungkin berisi file berbahaya, jangan buka situs web tersebut. Jangan pernah mengunduh file dari email atau situs web yang mencurigakan. Bahkan mesin telusur dapat menampilkan tautan tertentu yang dapat mengarahkan pengguna ke laman web phising yang menawarkan produk berbiaya rendah. Jika pengguna melakukan pembelian di situs web semacam itu, detail kartu kredit akan diakses oleh penjahat dunia maya.

5. Periksa Akun Online Anda Secara Rutin – Jika Anda tidak mengunjungi akun online untuk sementara waktu, seseorang mungkin sedang bersenang-senang dengannya. Meskipun secara teknis Anda tidak perlu melakukannya, periksa setiap akun online Anda secara teratur. Biasakan juga mengubah kata sandi Anda secara teratur. Untuk mencegah penipuan phishing bank dan phishing kartu kredit, Anda harus secara pribadi memeriksa laporan Anda secara teratur. Dapatkan laporan bulanan untuk akun keuangan Anda dan periksa setiap entri dengan hati-hati untuk memastikan tidak ada transaksi penipuan yang dilakukan tanpa sepengetahuan Anda.

6. Selalu Perbarui Peramban/Browser Anda – Tambalan keamanan dirilis untuk peramban populer setiap saat. Mereka dirilis sebagai tanggapan atas celah keamanan yang pasti ditemukan dan dieksploitasi oleh phisher dan peretas lainnya. Jika Anda biasanya mengabaikan pesan tentang memperbarui browser, berhentilah. Begitu pembaruan tersedia, unduh dan instal.

7. Gunakan Firewall – Firewall berkualitas tinggi bertindak sebagai penyangga antara Anda, komputer Anda, dan penyusup dari luar. Anda harus menggunakan dua jenis yang berbeda: firewall desktop dan firewall jaringan. Opsi pertama adalah jenis perangkat lunak, dan opsi kedua adalah jenis perangkat keras. Saat digunakan bersama, mereka secara drastis mengurangi kemungkinan peretas dan phisher menyusup ke komputer atau jaringan Anda.

8. Waspadai Pop-Up – Jendela pop-up sering menyamar sebagai komponen sah dari sebuah situs web. Namun, terlalu sering, itu adalah upaya phishing. Banyak browser populer memungkinkan Anda memblokir pop-up; Anda dapat mengizinkannya berdasarkan kasus per kasus. Jika seseorang berhasil melewati celah, jangan klik tombol "batal"; tombol seperti itu sering mengarah ke situs phishing. Sebagai gantinya, klik “x” kecil di pojok atas jendela.

9. Jangan Pernah Memberikan Informasi Pribadi – Sebagai aturan umum, Anda tidak boleh membagikan informasi pribadi atau informasi yang sensitif secara finansial melalui Internet. Aturan ini berlaku sejak zaman America Online, ketika pengguna harus diperingatkan terus-menerus karena keberhasilan penipuan phishing awal. Jika ragu, kunjungi situs web utama perusahaan yang bersangkutan, dapatkan nomor mereka dan hubungi mereka. Sebagian besar email phishing akan mengarahkan Anda ke halaman yang memerlukan entri untuk informasi keuangan atau pribadi. Pengguna Internet tidak boleh membuat entri rahasia melalui tautan yang disediakan di email. Jangan pernah mengirim email dengan informasi sensitif kepada siapa pun. Biasakan untuk mengecek alamat website. Situs web yang aman selalu diawali dengan “https”.

10.   Gunakan Perangkat Lunak Antivirus – Ada banyak alasan untuk menggunakan perangkat lunak antivirus. Tanda tangan khusus yang disertakan dengan perlindungan perangkat lunak antivirus terhadap solusi dan celah teknologi yang diketahui. Pastikan untuk selalu memperbarui perangkat lunak Anda. Definisi baru ditambahkan setiap saat karena penipuan baru juga diimpikan setiap saat. Pengaturan anti-spyware dan firewall harus digunakan untuk mencegah serangan phishing dan pengguna harus memperbarui program secara teratur. Perlindungan firewall mencegah akses ke file berbahaya dengan memblokir serangan. Perangkat lunak antivirus memindai setiap file yang datang melalui Internet ke komputer Anda. Ini membantu mencegah kerusakan pada sistem Anda.


Author : Ahmad Alkazimy