Dapatkan Info Terbaru

Apa itu PeeringDB dan Bagaimana Cara Memanfaatkannnya?

May, 30 2024|Aris C. Risdianto

Apa itu PeeringDB?

PeeringDB adalah database jaringan yang tersedia untuk kalangan umum dan tujuan utamanya untuk membangun data interkoneksi. Basis data ini dapat memfasilitasi koneksi jaringan global dalam Internet exchange points (IXPs), data center, maupun fasilitas interkoneksi lainnya, dan dapat difungsikan sebagai informasi awal untuk mengambil keputusan terkait dengan interkoneksi antar sistem otonomi atau autonomous system (AS).

Basis data yang bersifat online ini merupakan hasil dari upaya oleh komunitas nirlaba yang mendorong pertukaran informasi terkait Internet peering dan sepenuhnya dikelola dan dipelihara oleh para sukarelawan. Dengan harapan data ini dapat dijadikan sebagai alat untuk pertumbuhan dan peningkatan Internet.

Mengapa menggunakan PeeringDB?

Sekitar sepertiga jaringan yang memiliki nomor sistem otonom menggunakan PeeringDB untuk berbagi informasi tentang bagaimana cara mereka saling terhubung satu sama lain. Kita dapat menggunakan PeeringDB untuk menemukan informasi tentang jaringan lain, Internet exchange, dan informasi lainnya. Selain itu kita dapat membuat layanan kita lebih mudah ditemukan apabila kita menyumbangkan data kita ke PeeringDB. Karena pada dasarnya kita tidak memerlukan akun khusus untuk menggunakan fungsi pencarian dasar dalam basis data ini, kecuali kita ingin mengakses informasi kontak pribadi dan menggunakan fitur pencarian lanjutan atau advanced search, seperti pencarian radius atau jarak lokasi, dan lain sebagainya maka kita harus mendaftar dengan akun pribadi kita.

Bagaimana Menggunakan PeeringDB?

Untuk mencari informasi tentang kampus, operator, Internet exchange, fasilitas, dan jaringan lainnya dalam PeeringDB dapat dilakukan dengan kotak pencarian sederhana di halaman depan dari halaman web dari PeeringDB. Kita dapat menggunakannya untuk mencari informasi-informasi diatas apabila informasi tersebut telah terdaftar di PeeringDB hanya dengan memasukkan nama yang kita inginkan. Mari kita lihat lebih detail dengan beberapa contoh untuk melihat cara kerja dari PeeringDB.

Pencarian Jaringan

Untuk contoh pencarian ini, kita memiliki jaringan KENET yang merupakan operator nirlaba untuk pendidikan dan penelitian dan kita ingin mencarinya dalam PeeringDB. Ada dua cara untuk melakukannya dalam PeeringDB yaitu dengan melakukan:

# Pencarian berdasarkan nama jaringan

Kita dapat mencari jaringan dengan menggunakan nama jaringan tersebut dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Memasukkan nama jaringan KENET seperti yang terlihat di bawah ini
  • Dari hasil pencarian, di bagian Networks, temukan jaringan KENET yang kita cari
name-search
  • Apabila jaringan KENET terdaftar maka akan terlihat dalam database PeeringDB

# Pencarian berdasarkan autonomous system number (ASN)

Untuk mencari jaringan menggunakan ASN-nya kita perlu melakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Memasukkan ASN seperti dibawah ini, contoh ASN dibawah ini adalah 36914
  • Dari hasil pencarian, di bagian Networks, temukan jaringan yang kita cari
asn-search

Catatan: Salah satu dari kedua metode tersebut akan mendapatkan hasil pencarian yang sama.

Pencarian Exchange

Sebagai contoh, mari kita lakukan pencarian exchange UNY-IX yang merupakan exchange Internet terbuka yang berlokasi di Universitas Negeri Yogyakarta Indonesia. Untuk mencari exchange tersebut lakukan langkah-langkah berikut:

  • Masukkan nama exchange seperti gambar di bawah ini
exchange-search
  • Dari hasil pencarian pada bagian Exchanges, temukan exchange UNY-IX yang kita cari

Pencarian Fasilitas

Data center atau pusat data juga disebut sebagai sebuah fasilitas. Sebagai contoh, mari kita coba perhatikan universitas dengan nama Universitas Oslo yang merupakan sebuah institusi di Oslo. Untuk mencari fasilitas Universitas Oslo lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Masukkan nama pusat data atau fasilitas seperti gambar di bawah ini
  • Dari hasil pencarian, di bagian Facilities, temukan fasilitas atau pusat data yang kita cari
Bagaimana Menggunakan PeeringDB untuk Mencari Organisasi Kita

Jika organisasi kita sudah terdaftar dan menggunakan PeeringDB, maka kita bisa masuk ke situs halaman web PeeringDB untuk menemukan informasi kita dengan menggunakan metode pencarian “self”. Jika kita belum masuk atau terdaftar, maka tautan ini akan membawa kita ke dalam beberapa contoh objek PeeringDB seperti:

  • Organisasi
  • Kampus
  • Carrier
  • Fasilitas/Datacenter
  • IXP
  • Jaringan
facilites-search

Pengidentifikasi “self” juga berfungsi untuk melakukan kueri dengan menggunakan API yang dibuat oleh PeeringDB. Untuk itu PeeringDB mendorong penggunaan autentikasi multifaktor sehingga kueri akan menggunakan API key bukan menggunakan autentikasi dasar seperti nama akun dan password.

Sumber:
https://docs.peeringdb.com/howto/search/#introduction-to-peeringdb