Dapatkan Info Terbaru

Memahami Dasar Business Continuity Plan (BCP) - Bagian Kedua

Sep, 01 2023|Sekretariat IDNIC

Ada beberapa langkah yang harus diikuti banyak perusahaan untuk mengembangkan BCP yang solid termasuk diantaranya:

  1. Analisis Dampak Bisnis: Di sini, perusahaan diharapkan mampu mengidentifikasi fungsi dan sumber daya terkait bisnis yang sensitif.
  2. Pemulihan: Pada bagian ini, perusahaan harus mampu mengidentifikasi dan mengimplementasikan langkah-langkah untuk memulihkan fungsi bisnis kritis.
  3. Organisasi: Tim kontinuitas harus dibuat. Tim ini akan menyusun rencana untuk mengatasi gangguan tersebut.
  4. Pelatihan: Tim kontinuitas harus dilatih dan diuji. Anggota tim juga harus menyelesaikan latihan yang membahas rencana dan strategi.

Perusahaan mungkin juga merasa berguna untuk membuat daftar periksa yang menyertakan perincian utama seperti informasi kontak darurat, daftar sumber daya yang mungkin diperlukan tim kontinuitas, tempat menyimpan atau menyimpan data cadangan dan informasi lain yang diperlukan, dan personel penting lainnya.

Selain menguji tim kontinuitas, perusahaan juga harus menguji BCP itu sendiri. BCP harus diuji beberapa kali untuk memastikan dapat diterapkan pada banyak skenario risiko yang berbeda. Ini akan membantu mengidentifikasi kelemahan dalam rencana yang kemudian dapat diidentifikasi dan diperbaiki.

Penulis: Ahmad Alkazimy