Dapatkan Info Terbaru

Pertanyaan Seputar Business Continuity Plan (BCP)

Sep, 06 2023|Sekretariat IDNIC

1. Mengapa Business Continuity Plan (BCP) Penting?

Bisnis rentan terhadap sejumlah bencana yang bervariasi dalam skala kecil hingga bencana besar dan rencana kesinambungan bisnis (BCP) adalah bagian penting dari bisnis apa pun. BCP biasanya dimaksudkan untuk membantu perusahaan terus beroperasi jika terjadi ancaman dan gangguan. Hal ini dapat mengakibatkan hilangnya pendapatan dan biaya yang lebih tinggi, yang menyebabkan penurunan profitabilitas, dan bisnis tidak dapat mengandalkan asuransi saja karena tidak mencakup semua biaya dan pelanggan yang pindah ke kompetisi.

 

2. Apa yang harus termasuk dalam Rencana Keberlanjutan Bisnis (BCP)?

Rencana kesinambungan bisnis melibatkan identifikasi setiap dan semua risiko yang dapat mempengaruhi operasi perusahaan. Rencana tersebut juga harus menentukan bagaimana risiko tersebut akan mempengaruhi operasi dan menerapkan pengamanan dan prosedur untuk memitigasi risiko tersebut. Juga harus ada prosedur pengujian untuk memastikan perlindungan dan prosedur ini berfungsi. Terakhir, harus ada proses peninjauan untuk memastikan bahwa rencana tersebut mutakhir.

 

3. Apa itu Analisis Dampak Kelangsungan Bisnis?

Bagian penting dari pengembangan BCP adalah analisis dampak kelangsungan bisnis yang mengidentifikasi dampak gangguan fungsi dan proses bisnis. Itu juga menggunakan informasi untuk membuat keputusan tentang prioritas dan strategi pemulihan.

 

Penulis: Ahmad Alkazimy