Dapatkan Info Terbaru

Resmi, KADABRA dapat diakses oleh pengguna publik

Aug, 21 2020|Danurifqi Pramulia

JAKARTA - IDNIC meresmikan penggunaan secara publik untuk salah satu layanannya, yakni KADABRA

KADABRA merupakan platform routing analyzer pintar milik IDNIC untuk melakukan tracking terhadap pengembangan IPv6 dan RPKI.  KADABRA juga dapat membantu menganalisa dan merekam kejadian terkait BGP Incidents seperti route leaks, prefix hijacking, dan lain sebagainya. 

IDNIC menciptakan KADABRA untuk memonitor alur internet, khususnya Internet di Indonesia agar lebih aman dan transparan. Tidak ketinggalan, KADABRA juga mendukung pengimplementasian RPKI agar terhindar dari pembajakan protokol Internet. 

Platform KADABRA diciptakan agar dapat diadaptasi dan di distribusi menggunakan platform Kubernetes untuk kebutuhan scalability yang lebih mudah dan cepat. KADABRA mengadaptasi cloud-agnostic experience dengan komponen yang bersifat heterogen.

KADABRA bekerja dengan cara melakukan pengumpulan data routing table melalui ibgp atau ebgp peer connection. Filter yang dimiliki KADABRA hanya melakukan penerimaan (receive only) tanpa melakukan ekspor (export nothing) sehingga dapat dipastikan sangat bersahabat dengan exchange mana pun. 

Dari segi teknologi, KADABRA dilengkapi beberapa teknologi seperti Kubernetes, PostgreSQL, Kafka, Laravel (Frontend), dan Golang (Backend). Dengan teknologi tersebut, KADABRA mampu merekam semua BGP Incident yang telah di monitor dan terkoneksi dengan KADABRA, melaporkan jumlah statistik IPv4, IPv6, ASN, dan RPKI Deployment, dan memvisualisasikan BGP Incident menggunakan BGPlay framework.

Bagaimana cara menggunakan KADABRA?
Cara menggunakan KADABRA RIS

Untuk menggunakan KADABRA RIS (Routing Information Services), Anda perlu membuka alamat url berikut ris.kadabra.id. Kemudian, untuk mengecek status prefix atau ASN yang ter advertise di exchange, Anda dapat menggunakan kolom filter dan masukkan value yang akan di cari dan klik filter. RIS Live sendiri merupakan sebuah feed yang menawarkan  BGP messages secara real-time. RIS Live mengumpulkan informasi dari RIS Route Collectors (RRCs) dan menggunakan WebSocket JSON API untuk memantau dan mendeteksi peristiwa perutean di seluruh dunia.

Sedangkan, untuk menggunakan KADABRA BGPlay, Anda dapat membuka alamat url berikut ris.kadabra.id/bgplay. Kemudian masukkan prefix atau ASN yang akan di track history nya selama 2 hari terakhir, lalu klik Load BGPlay Data. 

Dengan teknologi beserta kemudahan yang KADABRA hadirkan sebagai salah satu layanan dan tools baru dari IDNIC, KADABRA berharap dapat membantu seluruh pengguna dan membuat internet di Indonesia menjadi lebih cepat, aman, dan transparan.

Tinggalkan Komentar

Kolom dengan tanda * wajib diisi.

1 Komentar
Anon • 1 minggu yang lalu

Selamat Kadabra!