Dapatkan Info Terbaru

Sejarah ICANN - Bagian Pertama

Oct, 30 2023|Sekretariat IDNIC

Sejarah ICANN atau (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) dimulai dari penciptaan dan evolusi Internet itu sendiri.

Pada tahun 1969, pesan pertama dikirim melalui Arpanet, jaringan Departemen Pertahanan AS dan pendahulu Internet global. Tiga tahun kemudian,Jon Postel mulai mencatat nomor soket Arpanet di notebooknya.

Pada tahun 1988 Registri Postel akhirnya menjadi Internet Assigned Numbers Authority (IANA), yang mengatur penetapan nama, nomor, dan alamat Internet. Istilah “IANA” pertama kali secara resmi digunakan dalam RFC 1083, pada bulan Desember 1988, yang mencantumkan Joyce Reynolds sebagai kontak IANA dan Jon Postel sebagai Deputy Internet Architect.

  • 11 NOVEMBER 1996 - 1 MEI 1997

Internet Society (ISOC) dan IANA membentuk Komite Ad Hoc Internasional (IAHC) untuk mempertimbangkan model tata kelola baru untuk domain tingkat atas sebagai respons terhadap perluasan dan komersialisasi Internet. IAHC mengembangkan rencana yang disebut MoU gTLD yang mendapat tentangan dari berbagai pihak, termasuk Pemerintah AS.

  • 30 SEPTEMBER 1998

Perusahaan Internet untuk Nama dan Nomor yang Ditugaskan (ICANN) didirikan di California sebagai perusahaan kepentingan publik nirlaba. Anggaran Rumah Tangga ICANN yang asli menyerukan tiga Organisasi Pendukung: Organisasi Pendukung Alamat (ASO), Organisasi Pendukung Nama Domain (DNSO), dan Organisasi Pendukung Protokol (PSO).

  • 25 NOVEMBER 1998

Pada tanggal 25 November 1998, ICANN dan Departemen Perdagangan AS menandatangani Memorandum of Understanding (MoU). Peran ICANN akan difokuskan pada pengelolaan fungsi teknis DNS, penomoran alamat Internet, koordinasi penetapan port, dan membantu menjaga stabilitas pengidentifikasi unik Internet.

  • 24 DESEMBER 1998

Pada tanggal 24 Desember 1998, Universitas Southern California (USC) dan ICANN menandatangani perjanjian transisi, di mana ICANN mengambil alih pelaksanaan fungsi dan tanggung jawab IANA yang sebelumnya dilaksanakan oleh USC.

  • 2 MARET 1999 - 4 MARET 1999

Pertemuan ICANN pertama diadakan di Singapura. Di ICANN01, Komite Penasihat Pemerintah (GAC) mengadakan pertemuan perdananya, dengan perwakilan dari lebih dari 25 negara. Komite Penasihat Sistem Root Server DNS (RSSAC) juga mengadakan pertemuan perdananya, dengan perwakilan dari Regional Internet Registries, operator root server, IETF, dan staf IANA. Peristiwa penting lainnya pada pertemuan tersebut adalah Dewan ICANN mengadopsi Pernyataan Kebijakan Akreditasi Registrar untuk .com, .net, dan .org; kebijakan ini bertujuan untuk mendorong persaingan di ruang pencatatan domain.

 

Penulis: Ahmad Alkazimy