Dapatkan Info Terbaru

Sejarah IETF dan Internet Society

Oct, 25 2023|Sekretariat IDNIC

Internet Society dibentuk oleh sejumlah orang yang telah lama terlibat dalam Internet Engineering Task Force (IETF). Oleh karena itu, salah satu alasan utamanya adalah untuk menyediakan wadah kelembagaan dan dukungan finansial bagi proses Standar Internet. Alasan ini masih ada sampai sekarang. Pada tahun 1990, tampaknya dukungan jangka panjang terhadap kegiatan pembuatan standar IETF yang terutama berasal dari lembaga pendukung penelitian Pemerintah AS (terutama ARPA, NSF, NASA dan DOE) mungkin perlu ditambah di masa depan. baik karena dukungan tersebut akan berkurang atau persyaratannya akan melebihi batas dukungan yang tersedia. Bahkan pada saat itu, biaya kehadiran digunakan sebagian untuk mengimbangi biaya di tempat yang seharusnya ditanggung oleh pendanaan Federal AS.

Mengingat perlunya mekanisme untuk mengumpulkan pendanaan dari berbagai sumber, diusulkan untuk membentuk Masyarakat Internet dan menggunakan sumber dayanya, sebagian untuk menyediakan dana untuk mendukung IETF. Rencananya adalah Masyarakat akan terlibat dalam berbagai kegiatan termasuk konferensi, lokakarya, mengumpulkan dana dari industri dan sumber kelembagaan lainnya. Ia melakukan hal ini secara internasional, dan bertindak sebagai badan netral dan diakui secara internasional, yang mengabdikan diri untuk mendukung infrastruktur administratif Internet, termasuk, misalnya, IAB, IETF, IRTF dan IANA. Ide pembentukan organisasi ini dibahas dalam pertemuan IAB dan IETF pada awal tahun 1991 dan rencananya diumumkan pada Konferensi INET pada bulan Juni 1991 di Kopenhagen. Internet Society secara resmi dibentuk pada bulan Januari 1992. Pada bulan Juni 1992, pada pertemuan tahunan Internet Society, INET'92, di Kobe, Jepang, Dewan Aktivitas Internet mengusulkan untuk mengaitkan aktivitasnya dengan Internet Society dan diubah namanya menjadi Dewan Arsitektur Internet (IAB). Secara historis, IETF dan organisasi kembarnya, Internet Research Task Force (IRTF), dianggap sebagai dua cabang IAB.

Selama paruh terakhir tahun 1992, hubungan antara IAB dan IETF mendapat sorotan melalui Kelompok Kerja POISED pertama yang mengalokasikan kembali tanggung jawab untuk pengambilan keputusan standar dan menetapkan kerangka kerja di mana praktik-praktik yang ada saat ini untuk mengisi IAB dan IETF dilakukan. Kelompok Kerja POISED menyampaikan kesimpulan dan rekomendasinya kepada Dewan Pengawas Masyarakat Internet pada bulan Desember 1992 dan hal ini diterima sebagai dasar kerja untuk hubungan antara IAB, IESG, Masyarakat Internet dan peserta IETF. Selanjutnya, RFC 1310 disiapkan oleh IETF dalam upaya untuk mengkodifikasi prinsip-prinsip kerja ini (RFC 1602 adalah versi terkini dari dokumen ini).

Mulai tahun 1993, Internet Society mengambil tanggung jawabnya berdasarkan RFC 1602, dan berpartisipasi dalam berbagai tinjauan proses tersebut. Internet Society memberikan dukungan finansial kepada sekretariat IETF sebesar $225 ribu selama tahun 1993. Dukungan finansial tidak diberikan pada tahun 1994 karena ketidakpastian hasil fiskal dari aktivitas Internet Society lainnya, terutama INET'94 dan Negara Berkembang terkait Workshop.

Pada pertemuan Dewan Pengawas Masyarakat Internet bulan Juni 1995, para pengurus menegaskan bahwa tujuan tertinggi Masyarakat Internet adalah “menjaga Internet tetap berjalan.” Disepakati bahwa salah satu kegiatan prioritas tinggi yang terkait dengan tujuan tersebut adalah memberikan dukungan terhadap proses Standar Internet yang dilaksanakan oleh Satuan Tugas Rekayasa Internet. “Dukungan” dalam arti luas berarti penyediaan layanan atau tindakan lain yang akan memfasilitasi kerja IETF.

 

Penulis: Ahmad Alkazimy