Dapatkan Info Terbaru

Sejarah Internet - Bagian Pertama

Sep, 18 2023|Sekretariat IDNIC

Deskripsi rekaman pertama tentang interaksi sosial yang dapat diaktifkan melalui jejaring adalah serangkaian memo yang ditulis oleh J.C.R. Licklider dari MIT pada Agustus 1962 mendiskusikan konsep “Jaringan Galaksi”. Dia membayangkan satu set komputer yang saling terhubung secara global di mana setiap orang dapat dengan cepat mengakses data dan program dari situs mana pun. Dalam semangat, konsepnya sangat mirip dengan Internet saat ini. Licklider adalah kepala pertama dari program penelitian komputer di DARPA, mulai bulan Oktober 1962. Selama di DARPA dia meyakinkan penggantinya di DARPA, Ivan Sutherland, Bob Taylor, dan peneliti MIT Lawrence G. Roberts, tentang pentingnya konsep jaringan ini.

Leonard Kleinrock di MIT menerbitkan makalah pertama tentang teori pertukaran paket pada Juli 1961 dan buku pertama tentang subjek tersebut pada tahun 1964. Kleinrock meyakinkan Roberts tentang kelayakan teoretis komunikasi menggunakan paket daripada sirkuit, yang merupakan langkah besar menuju jaringan komputer. Langkah kunci lainnya adalah membuat komputer berbicara bersama. Untuk mengeksplorasi ini, pada tahun 1965 bekerja dengan Thomas Merrill, Roberts menghubungkan komputer TX-2 di Mass. Hasil dari percobaan ini adalah kesadaran bahwa komputer yang membagi waktu dapat bekerja sama dengan baik, menjalankan program dan mengambil data yang diperlukan pada mesin jarak jauh, tetapi sistem telepon pengalih sirkuit sama sekali tidak memadai untuk pekerjaan itu. Keyakinan Kleinrock tentang perlunya pertukaran paket telah dikonfirmasi.

Pada akhir 1966 Roberts pergi ke DARPA untuk mengembangkan konsep jaringan komputer dan dengan cepat menyusun rencananya untuk "ARPANET", menerbitkannya pada tahun 1967. Pada konferensi di mana ia mempresentasikan makalahnya, ada juga makalah tentang konsep jaringan paket dari Inggris oleh Donald Davies dan Roger Scantlebury dari NPL. Scantlebury memberi tahu Roberts tentang pekerjaan NPL serta pekerjaan Paul Baran dan lainnya di RAND. Kelompok RAND telah menulis makalah tentang jaringan packet switching untuk mengamankan suara di militer pada tahun 1964. Kebetulan pekerjaan di MIT (1961-1967), di RAND (1962-1965), dan di NPL (1964-1967) semua telah berjalan secara paralel tanpa ada peneliti yang mengetahui tentang pekerjaan lainnya. Kata "paket" diadopsi dari pekerjaan di NPL dan kecepatan jalur yang diusulkan untuk digunakan dalam desain ARPANET ditingkatkan dari 2,4 kbps menjadi 50 kbps.

Tulisan ini bersumber dari ISOC dan disadur serta dimodifikasi kembali oleh penulis.

 

Penulis: Ahmad Alkazimy