Dapatkan Info Terbaru

Sejarah Internet: Melibatkan Komunitas yang Lebih Banyak - Bagian Ketujuh

Oct, 09 2023|Sekretariat IDNIC

Internet adalah kumpulan komunitas dan juga kumpulan teknologi, dan keberhasilannya sebagian besar disebabkan oleh pemenuhan kebutuhan dasar komunitas serta pemanfaatan komunitas secara efektif untuk mendorong kemajuan infrastruktur. Semangat komunitas ini memiliki sejarah panjang yang dimulai sejak awal ARPANET. Para peneliti awal ARPANET bekerja sebagai komunitas yang erat untuk mencapai demonstrasi awal teknologi packet switching yang dijelaskan sebelumnya. Demikian pula, Paket Satelit, Paket Radio dan beberapa program penelitian ilmu komputer DARPA lainnya merupakan kegiatan kolaboratif multi-kontraktor yang banyak menggunakan mekanisme apapun yang tersedia untuk mengkoordinasikan upaya mereka, dimulai dengan surat elektronik dan menambahkan file sharing, akses jarak jauh, dan akhirnya World Wide Web yang luas. Masing-masing program tersebut membentuk kelompok kerja yang diawali dengan Kelompok Kerja Jaringan ARPANET. Karena peran unik yang dimainkan ARPANET sebagai infrastruktur yang mendukung berbagai program penelitian, seiring dengan berkembangnya Internet, Kelompok Kerja Jaringan berkembang menjadi Kelompok Kerja Internet.

Pada akhir tahun 1970-an, menyadari bahwa pertumbuhan Internet disertai dengan pertumbuhan jumlah komunitas riset yang berminat dan oleh karena itu meningkatnya kebutuhan akan mekanisme koordinasi, Vint Cerf, yang saat itu menjabat sebagai manajer Program Internet di DARPA, membentuk beberapa badan koordinasi. – Dewan Kerjasama Internasional (ICB), yang diketuai oleh Peter Kirstein dari UCL, untuk mengkoordinasikan kegiatan dengan beberapa negara Eropa yang berpusat pada penelitian Satellite Packet, Kelompok Penelitian Internet yang merupakan kelompok inklusif yang menyediakan lingkungan untuk pertukaran informasi umum, dan sebuah Dewan Kontrol Konfigurasi Internet (ICCB), diketuai oleh Clark. ICCB adalah badan undangan untuk membantu Cerf dalam mengelola aktivitas Internet yang sedang berkembang.

Pada tahun 1983, ketika Barry Leiner mengambil alih pengelolaan program penelitian Internet di DARPA, dia dan Clark menyadari bahwa pertumbuhan komunitas Internet yang berkelanjutan memerlukan restrukturisasi mekanisme koordinasi. ICCB dibubarkan dan sebagai gantinya dibentuklah struktur Gugus Tugas yang masing-masing fokus pada bidang teknologi tertentu (misalnya router, protokol end-to-end, dll.). Dewan Kegiatan Internet (IAB) dibentuk dari ketua Satuan Tugas.

 

Penulis: Ahmad Alkazimy