Dapatkan Info Terbaru

Sejarah Internet: Membuktikan Ide - Bagian Ketiga

Sep, 25 2023|Sekretariat IDNIC

DARPA mengizinkan tiga pegawai kontrak untuk Stanford (Vint Cerf), BBN (Ray Tomlinson) dan UCL (Peter Kirstein) untuk mengimplementasikan TCP/IP (itu hanya disebut TCP di kertas Cerf/Kahn tetapi berisi kedua komponen). Tim Stanford, dipimpin oleh Cerf, menghasilkan spesifikasi terperinci dan dalam waktu sekitar satu tahun ada tiga implementasi independen dari TCP yang dapat beroperasi.

Ini adalah awal dari eksperimen dan pengembangan jangka panjang untuk mengembangkan dan mematangkan konsep serta teknologi Internet. Dimulai dengan tiga jaringan pertama (ARPANET, Packet Radio, dan Packet Satellite) dan komunitas riset awal mereka, lingkungan eksperimental telah berkembang untuk menggabungkan setiap bentuk jaringan dan komunitas riset serta pengembangan berbasis sangat luas. [REK78] Dengan setiap perluasan telah muncul tantangan baru.

Implementasi awal TCP dilakukan untuk sistem pembagian waktu yang besar seperti Tenex dan TOPS 20. Ketika komputer desktop pertama kali muncul, beberapa orang berpikir bahwa TCP terlalu besar dan rumit untuk dijalankan di komputer pribadi. David Clark dan kelompok risetnya di MIT berangkat untuk menunjukkan bahwa implementasi TCP yang kompak dan sederhana adalah mungkin. Mereka menghasilkan implementasi, pertama untuk Xerox Alto (workstation pribadi awal yang dikembangkan di Xerox PARC) dan kemudian untuk PC IBM. Implementasi itu sepenuhnya dapat dioperasikan dengan TCP lainnya, tetapi disesuaikan dengan rangkaian aplikasi dan tujuan kinerja komputer pribadi, dan menunjukkan bahwa workstation, serta sistem pembagian waktu yang besar, dapat menjadi bagian dari Internet. Pada tahun 1976, Kleinrock menerbitkan buku pertama di ARPANET. Itu termasuk penekanan pada kompleksitas protokol dan jebakan yang sering mereka perkenalkan. Buku ini berpengaruh dalam menyebarkan pengetahuan jaringan packet switching ke komunitas yang sangat luas.

Pengembangan luas LAN, PC, dan workstation pada 1980-an memungkinkan Internet yang baru lahir berkembang. Teknologi Ethernet, yang dikembangkan oleh Bob Metcalfe di Xerox PARC pada tahun 1973, sekarang mungkin merupakan teknologi jaringan yang dominan di Internet dan PC maupun workstation merupakan komputer yang dominan. Perubahan ini dari memiliki beberapa jaringan dengan sejumlah kecil host yang dibagi waktu (model ARPANET asli) menjadi memiliki banyak jaringan telah menghasilkan sejumlah konsep baru dan perubahan pada teknologi yang mendasarinya. Pertama, menghasilkan definisi tiga kelas jaringan (A, B, dan C) untuk mengakomodasi jangkauan jaringan. Kelas A mewakili jaringan skala nasional besar (jumlah kecil jaringan dengan jumlah host yang besar); Kelas B mewakili jaringan berskala regional; dan Kelas C mewakili jaringan area lokal (sejumlah besar jaringan dengan host yang relatif sedikit).

Tulisan ini bersumber dari ISOC dan disadur serta dimodifikasi kembali oleh penulis.

 

Penulis: Ahmad Alkazimy