Dapatkan Info Terbaru

Sejarah Internet: Proses Evolusi Menuju Kesempurnaan - Bagian Kesembilan

Oct, 16 2023|Sekretariat IDNIC

Pada tahun 1992, reorganisasi kembali terjadi, Dewan Aktivitas Internet diorganisasi kembali dan berganti nama menjadi Dewan Arsitektur Internet yang beroperasi di bawah naungan Masyarakat Internet. Hubungan yang lebih “sejawat” didefinisikan antara IAB baru dan IESG, dengan IETF dan IESG mengambil tanggung jawab yang lebih besar untuk persetujuan standar. Pada akhirnya, hubungan kooperatif dan saling mendukung terbentuk antara IAB, IETF dan Internet Society. Internet Society bertujuan untuk menyediakan layanan dan tindakan lain yang akan memfasilitasi kerja IETF.

Perkembangan terkini dan penyebaran luas World Wide Web telah membawa serta komunitas baru, karena banyak orang yang bekerja di WWW tidak menganggap diri mereka sebagai peneliti dan pengembang jaringan. Sebuah organisasi koordinasi baru dibentuk, World Wide Web Consortium (W3C). Awalnya dipimpin dari Laboratorium Ilmu Komputer MIT oleh Tim Berners-Lee (penemu WWW) dan Al Vezza, W3C telah mengambil tanggung jawab untuk mengembangkan berbagai protokol dan standar yang terkait dengan Web.

Oleh karena itu, selama lebih dari dua dekade aktivitas Internet, kita telah melihat evolusi yang stabil dalam struktur organisasi yang dirancang untuk mendukung dan memfasilitasi komunitas yang terus meningkat yang bekerja secara kolaboratif dalam isu-isu Internet.

Tulisan ini bersumber dari ISOC dan disadur serta dimodifikasi kembali oleh penulis.

 

Penulis: Ahmad Alkazimy