Dapatkan Info Terbaru

Sejarah Regional Internet Registry (RIR)

Nov, 06 2023|Sekretariat IDNIC

Pada awalnya, registri alamat IP global hanyalah sebuah daftar rentang alamat IP, beserta rincian organisasi yang telah dialokasikan. Tentu saja seiring dengan semakin banyaknya organisasi yang bergabung dengan Internet, daftar ini bertambah. Tak lama kemudian, peran penting ini diresmikan sebagai IANA – Internet Assigned Numbers Authority. Meski begitu, daftar organisasinya terus bertambah. Jadi, seiring dengan pesatnya ekspansi Internet di seluruh dunia, menjadi jelas bahwa IANA pun tidak akan mampu memenuhi permintaan alamat atau mampu melayani berbagai kebutuhan regional yang berbeda. Pada tahun 1992, Internet Engineering Task Force (IETF) merekomendasikan agar sumber daya nomor Internet dikelola oleh organisasi tambahan di tingkat regional.

Hasilnya, Regional Internet Registry atau Registrasi Internet Regional (RIR) dibentuk untuk mengambil peran alokasi dan pengelolaan regional ini bekerja sama dengan IANA. Saat ini, terdapat lima RIR – APNIC, ARIN, RIPE NCC, LACNIC, dan AFRINIC.

Dengan dukungan aktif dari komunitasnya masing-masing, RIR memiliki kewenangan di wilayahnya untuk mengelola dan mendaftarkan ruang alamat IP dan nomor Sistem Otonom (ASN) serta menyediakan layanan terkait.

RIR beroperasi sebagai badan regulasi mandiri dalam industri. Struktur terbuka mereka mendorong partisipasi langsung pihak-pihak yang berkepentingan melalui proses pengambilan keputusan dari bawah ke atas yang didorong oleh konsensus. Hal ini memastikan bahwa mereka yang secara langsung menggunakan sumber daya Internet numerik ini menentukan kebijakan yang mengatur distribusi dan penggunaannya. Semua RIR adalah organisasi nirlaba yang sepenuhnya didanai sendiri oleh Anggotanya dan pihak yang menggunakan sumber daya tersebut.

Meskipun RIR bekerja secara independen di wilayah yang mereka layani, mereka juga bekerja sama dan mengkoordinasikan aktivitas mereka satu sama lain. Beberapa pekerjaan ini dilakukan melalui Number Resources Organization (NRO), yang merupakan badan koordinasi yang menyatukan kelima RIR.

 

Penulis: Ahmad Alkazimy