Dapatkan Info Terbaru

Telkom Indonesia Resmi Bekerjasama dalam Membangun Ekosistem Digital Bersama IDNIC

Sep, 26 2023|Sahila Aurellia Widyadhari

Telkom Indonesia, sebagai perusahaan Telekomunikasi terbesar di Indonesia, menjadi partner teknologi IDNIC-APJII (Indonesia Network Information Center-Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) bersama membangun ekosistem digital di Indonesia melalui neuCentrIX data center neutral yang tersebar di 17 kota besar di Indonesia.

Telkom dan IDNIC memiliki visi yang sama mengupayakan kemandirian digital pada seluruh pemain dan anggota IDNIC melalui pengembangan bisnis digital perusahaan masing-masing secara masif agar ekosistem yang diinginkan dapat terwujud sesuai dengan kebutuhan pasar. 

Melalui neuCentrIX yang menyediakan end-to-end service produk data center dan konektivitas yang tersebar ke seluruh Indonesia, kedua pihak yakin bahwa kerja sama ini dapat berbuah baik dan menghasilkan dampak bagi seluruh pemain internet di seluruh Indonesia.

Tentunya dengan mengadopsi sistem edge, ekosistem digital yang ingin dibentuk oleh pemain internet di Indonesia akan lebih mudah dan cepat terwujud.

 

NeuCentrIX sebagai Penyedia Edge Data Center di Indonesia

Edge data center merupakan konfigurasi sistem data center yang dibangun untuk mendekatkan penyedia layanan dengan eyeball sehingga mempercepat segala proses pemindahan data. Edge data center dibuat berdekatan dengan sumber data seperti jaringan Internet of Things (IoT) atau penyedia content lainnya agar proses cloud computing dan cache kepada end user dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Implementasi dari edge data center juga memberikan banyak manfaat lain bagi penggunanya seperti latensi lebih rendah, biaya operasional yang lebih baik dan masih banyak lagi. Dimana hal ini dapat menjadi solusi dari banyaknya pengguna internet di seluruh Indonesia.

Dengan berkembangnya kebutuhan data center di Indonesia, akan ada perusahaan-perusahaan yang bermunculan untuk mengambil bagian dalam pembangunan Indonesia. Dimana salah satu perusahaan penyedia edge data center terbaik di Indonesia yang sudah hadir adalah NeuCentrIX. 

NeuCentrIX memiliki empat layanan utama seperti konektivitas, kolokasi, CDN (Content Delivery Network), dan Cloud Service. Dengan 21 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia, tentunya NeuCentrIX dapat menjadi solusi utama pada perusahaan penyedia Internet.

Melalui kerja sama strategis ini, IDNIC berharap semakin banyak unit bisnis yang aware terhadap keberadaan dan tugas IDNIC di Indonesia. Ke depannya bersama Telkom melalui neuCentrIX, IDNIC ingin terus berkolaborasi dalam menghadirkan layanan yang berdampak baik bagi publik dan menciptakan ekosistem internet di Indonesia yang lebih baik dan juga berkembang.