KADABRA

KADABRA adalah project IDNIC untuk mempermudah Data routing di Indonesia, Anda dapat mengetahui, mengumpulkan, dan mengolah data routing Anda menggunakan bantuan KADABRA. KADABRA sebelumnya adalah project yang dikerjakan atas kerjasama dengan NIR (National Internet Registry), namun dalam perjalanannya, IDNIC memutuskan untuk melanjutkan development KADABRA hingga kini.

Selain membantu mengolah Data routing, KADABRA juga mempermudah pengguna dengan alerting platform dan komunikasi lewat Telegram, email, myIDNIC, dan akun Zendesk yang sudah Anda daftarkan sebagai sarana berkomunikasi / mendapatkan akses terhadap informasi selama penggunaan KADABRA.

 

Bagaimana KADABRA bekerja?

KADABRA menjadi Route Collector (seperti Indonesian Internet Exchange atau IIX) dan mengolah data routing tersebut untuk di simpan kedalam database berupa summary dan akan di-stream secara langsung menggunakan platform RIS Live (Routing Information Service Live).

Tujuan dibuatnya KADABRA adalah untuk dapat memvisualisasikan routing path (jalur routing), dapat menyimpan history routing path untuk keperluan visualisasi dan validasi aplikasi myIDNIC, juga untuk visualisasi framework menggunakan BGPlay.

KADABRA akan bisa dikonsumsi secara publik melalui REST API yang akan dipublikasikan secara umum, dengan cara Get by ASN atau Get  by IP Prefix. Framework RIS akan di-develop oleh KADABRA menggunakan nama KADABRA-RIS untuk tujuan Live stream perubahan pada route collector serta mendukung platform IPv4 dan IPv6 (membutuhkan dukungan IPv6 support pada peer).

KADABRA juga mempermudah pengguna dengan alerting platform dan komunikasi lewat Telegram, email, myIDNIC, dan akun Zendesk yang sudah Anda daftarkan sebagai sarana berkomunikasi / mendapatkan akses terhadap informasi selama penggunaan KADABRA.